Rabu, 11 Maret 2009


Sebagai tempat rekreasi, tempat ini pun sangat cocok, karena udaranya yang sejuk dan menyegarkan. Dan ini cukup menjanjikan untuk menambah pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. Gua Lawa merupakan keajaiban alam yang mungkin satu-satunya di Indonesia. Umumnya gua-gua yang ada di Indonesia terdiri dari batuan kapur dan berada di lereng bukit, sehingga sering melahirkan stalagnit dan stalagmit. Sedangkan Gua Lawa termasuk gua vulkanik yang terbentuk dari lava pegunungan aktif yang meleleh dan mengalami pendinginan beribu-ribu, bahkan berjuta-juta tahun.

Proses pendinginan lava ini mengakibatkan batuannya keras dan kuat dengan warna hitam tanpa menimbulkan stalagnit maupun stalagmit. Tebal batuan bisa mencapai 50 meter, sehingga tahan terhadap guncangan. Letaknya juga tidak di lereng bukit, tapi di bukit. Proses alami dari gaya tarik bumi tidak mungkin terjadi di daerah kapur. Ciri-ciri gua vulkanik antara lain terdapat lorong dan mata air yang terjadi secara alami.

Untuk menikmati keindahan Gua Lawa kita harus menuruni lubang tanah yang menganga dan menelusuri lorong-lorong. Melewati jalan selebar satu meter, kita akan menikmati kelembaban di dalam gua dan kesejukan mata air yang selalu menetes dari dinding-dinding gua. Di setiap dua-tiga puluh meter perjalanan menelusuri gua, kita bisa menengok ke atas dan menyaksikan lubang tanah berdiameter lebar -- yang selama ini berfungsi sebagai ventilasi gua. Lubang-lubang itu terbentuk dari proses alam, bukan dibuat manusia. Sayangnya saya tidak bisa mengambil gambar keadaan di dalam goa ini. Cahaya yang minim menyebabkan kamera saya tidak mampu menangkap gambar dengan sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRADISIONAL: Para pedagang pasar tradisional di Kabupaten Wonogiri makin tergilas oleh hadirnya bisnis modern seperti toko swalayan, mini market dan toko-toko ritel. (SM/Bambang Pur/Cn08)



30/01/2009 11:34 wib - Nasional Aktual
Pelaku Tawuran Maut di Bojonegoro Diburu

Bojonegoro, CyberNews. Polisi terus memburu pelaku yang mengakibatkan tewasnya Mulyo Budi Utomo (22), anggota perguruan pencak silat Bojonegoro, Jawa Timur, dalam aksi tawuran antarperguruan pencak silat di Desa Banjarjo, Kecamatan Sumberrejo, 25 Januari lalu. Kapolres Bojonegoro, AKBP Agus S.Hidayat, Jumat menyatakan dari hasil perburuan itu polisi sudah menahan tiga tersangka yang mengakibatk

30/01/2009 11:15 wib - Daerah Aktual
Pedagang Tradisional Tergilas Bisnis Ritel

Wonogiri, CyberNews. Para pedagang tradisional, sebagai pelaku bisnis konvensional, kini nasibnya makin tergilas oleh membanjirnya toko swalayan dan toko-toko retil yang dikelola dengan manajemen modern. Demi kelangsungan usaha perekonomian berbasis kerakyatan, para pedagang tradisional perlu diproteksi. Wacana ini, muncul dalam rapat pleno pengurus Kamar Dagang

30/01/2009 10:58 wib - Ekonomi Aktual
Ford Motor Rugi 5,9 Miliar Dolar AS

Chicago, CyberNews. Ford Motor Co, Kamis (29/1), mengumumkan perseroannya mengalami rugi kuartalan 5,9 miliar dolar. Meski demikian, perusahaan raksasa AS menyatakan masih memiliki likuiditas yang cukup untuk mendanai rencana perbaikan tanpa bantuan dari pemerintah AS. Laporan keuangan produsen otomotif nomor dua di AS itu menunjukkan penurunan yang tajam dalam penjualan mobilnya menyusul kris

30/01/2009 10:41 wib - Ekonomi Aktual
Ekonomi AS Suram, Harga Minyak Turun

New York, CyberNews. Harga minyak AS turun, Kamis, tertekan oleh semakin suramnya data ekonomi AS dan membengkaknya cadangan di negara konsumen energi terbesar dunia itu. Minyak mentah AS turun 66 sen menjadi 41,50 dolar per barel pada pukul 02:10 waktu setempat atau 02:10 WIB Jumat. Minyak mentah Brent di pasar London naik 59 sen menjadi 45,49 dolar per barel. Angka pengangguran di AS melon

30/01/2009 10:23 wib - Nasional Aktual
KPK Tangkap Kepala Keuangan Depnakertrans

Jakarta, CyberNews. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penangkapan terkait kasus dugaan suap. Kali ini, KPK melakukan penangkapan terhadap Kepala Bagian Keuangan pada Direktur Jenderal Pembinaan dan Pelatihan Produktivitas Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) berinisial L. Berdasarkan situs resmi Depnakertrans, pejabat y